Cara Mengatasi Charger Laptop Yang Muncul Indikator berkedip Dengan Menggantikan Komponen Kapasitor

Bagi teman-teman yang mengalami masalah charger laptop rusak atau disaat anda memasang port cas di lubang charger laptop.tiba-tiba lampu indikator pengecasan berkedip-kedip atau bahasa harian lampu indicator pengecasan hilang muncul.Tenang saja sobat,tidak usah panik di saat kita mnemukan masalah seperti ini,berikut akan saya jelasakn cara menangani  masalah dan solusinya.Ok,kita langsung pada langkah-langkah sebagai berikut :
1.Siapkan alat Multi tester/Avo meter,Solder dan Penyedot timah.setting saklar pada posisi pengukuran Ohm pada posisi 100x.

 



2.Buka Casing charger beserta plat pelindung komponen charger.
3.Setelah membuka plat komponennya pasti terlihat Isi komponen rangkaian beserta PCB Layoutnya.
 

4.Perhatikan komponen Elco atau yang biasa disebut kapasitor.pasti terdapat beberapa kapasitor di rangkaian ini,disini saya pilih kapasitor yang memiliki fisik yang paling besar karena fungsinya sebegai penyeimbang tegangan output.
 

5.silahkan periksa komponen kapasitornya apakah masih baik atau udah rusak dengan cara memakai alat Multi tester tadi.
 

6.Hubungkan kedua port Positif(+) dan Negatif(-) dari multi tester  dikaki komponen kapasitor yaitu Port positif(+) dihubungkan pada kaki kapasitor positif dan Port nefatif (-) dihubungkan pada kaki kapasitor negative.
7.perhatikan jarum pada multitester apabila jarum berputar kekanan dan tidak kembali ke posisi nol berarti kondisi kapasitor masih baik apabila Jarum multi tester berputar ke kanan dan kembali pada ke skala nol,berarti kapasitor sudah tidak bisa digunakan lagi.
8.Ganti komponen kapasitor dengan yang baru tentu ukuran kapasitornya sesuai dengan yang lama.Caranya panaskan kaki kapasitor dengan solder dan sedot solderan timahnya menggunakan penyedot timah.
9. Solderkan kapasitor yang baru di tempat yang sama dengan catatan sesuai dengan kaki positif dan negative.(langkah ini tidak boleh salah).
10.Setelah penyolderan selesai,silahkan  tes tegangan output DC dari chgarger tersebut dengan cara sett saklar pengukuran multi tester pada pengukuran DC Volt posisi 50 Volt.lihat jarum pengikurannya pada saat pengetesan tegangan tidak boleh lebih dari 19 Volt,apabila lebih coba lihat penyolderan kaki kapasitornya usahakan jangan salaing bersentuhan dengan komponen lain.

Sumber : http://sundulgratis.blogspot.com/2014/02/cara-mengatasi-charger-laptop-yang_1489.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DOWNLOAD RADMIN 3.5 FULL KEYGEN

Tips dan Cara Mendapatkan Uang Dari Blog